Tips Speaking dan Writing sekaligus

Mampu Speaking dan Writing sekaligus, berani coba?

Speaking dan Writing sekaligus ? Sepertinya nggak ada yang nggak mau jago Bahasa Inggris. Kemampuan dalam berbahasa, Inggris misalnya merupakan salah satu kebanggaan tersendiri karena usahanya tercapai. Hanya dengan membuat sebuah peluang berupa modal bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan kesempatan yang mungkin orang lain belum tentau mendapatkannya. Mulai dari dunia kerja, dunia pendidikan bahkan dunia yang kamu punya passion di dalamnya. Namun, bahasa Inggris masih banyak ditakuti, tetapi bukan berarti kamu harus menyerah untuk belajar kan? Mengingat pentingnya bahasa Inggris untuk kehidupanmu terutama untuk karirmu di masa depan, maka kamu harus bulatkan tekad untuk belajar dengan sungguh-sungguh

Nih, bagi kalian yang bingung ingin menulis atau berbicara bahasa Inggris namun ada masalah dalam grammar. Ada tips nya loh yang di lansir dari laman www.Idntimes.com, silahkan dicoba…

Hafal, Ingat dan Cermati 3 dasar tenses

Kamu harus menghafal  dasar tenses. Yaitu past tense, present tense, dan future tense. Hilangkan di pikiran kamu kalau kamu harus hafal 16 tenses. Seperti yang orang bilang dan orang ajarkan mulai dari guru kelas maupun guru bimbel. Ya memang 16 tenses itu mempunyai perbedaan satu sama lain, namun pada intinya sama hanya mengikuti 3 dasar tenses diatas. Setelah menghafal, kamu harus terus mengingat 3 dasar tenses sampai kamu terbiasa menggunakan dalam keseharian menulis maupun berbicara. Setelah kamu hafal dan ingat, saatnya kamu cermati karena semua hal yang sudah kamu hafal dan ingat perlu adanya kecermatan dalam memahami pola dan penggunaan dari ke-3 susunan tenses tersebut. Jika sudah, kamu tinggal mengembangkan ke bentuk tenses yang lainnya.

Pahami pola kalimat

Untuk mempermudah sembari mencermati, ingatlah bahwa kamu perlu memahami pola kalimat dengan menempatkan subjek di awal kalimat. Setelah itu posisi kedua untuk kata kerja dan baru posisi berikutnya ditempati oleh objek ataupun keterangan lainnya baik waktu maupun tempat. Memahami pola kalimat dengan selalu mempraktekkan tiap harinya akan membuatmu semakin terlatih dengan adanya perubahan-perubahan pola kalimat yang ada. Dalam satu kalimat tersusun dari subjek, predikat, objek dan keterangan. Namun dapat dikatakan bahwa subjek dan predikat saja itu udah termasuk dalam kalimat. dan selain itu (objek dan keterangan) hanya sebagai tambahan keterangan saja.

Perbanyak membaca kalimat

Dengan banyak membaca kalimat bahasa inngris, kamu dapat memahami bentuk kalimat yang kamu lihat. Selain itu, kamu juga dapat belajar kosa kota baru dari kalimat-kalimat yang kamu baca. Dan pastinya kalimat yang baru itu jangan lupa ditulis di catatan kecil dan dihafalkan setiap harinya agar kamu selalu ingat. Kan lumayan tuh, tiap hari dapat kosa kata baru, bisa buat tambahan pembendaharaan kata untuk tulis menulis. Dan pastinya kamu tidak boleh malas berteman dengan kamus untuk mencari tahu artinya.

Latihan menulis

Cobalah untuk melatih kemampuan belajar structure-mu dengan menulis sebuah cerita dalam bahasa Inggris. Terserah menulis cerita tentang apa, bisa komik, cerpen, pengalaman hidup maupun review apapun. Cobalah buat cerita dengan memperhatikan waktu kejadiannya seperti di masa lampau, sekarang atau akan datang. Jadi, kamu bisa memilih kata kerja yang tepat untuk salah satunya. Jadi dalam latihan menulis kamu dapat mempraktekkan semua dasar tenses yang kamu hafal, ingat dan cermati di awal tahap tadi.

Cari partner yang jago bahasa Inggris

Jika kamu punya teman yang kamu anggap pandai bahasa Inggris atau memang mahir dalam belajar bahasa Inggris, minta dia untuk mengajari. Kamu dapat memintanya mengajarimu lewat berkirim pesan. Tanyakan apa yang ingin kamu mengerti dari beberapa hal yang masih membuatmu bingung. Atau bahkan kamu bisa belajat menulis terlebih dahulu setelah itu kamu minta evaluasi tentang tulisanmu, apakah ada yang salah, yang benar atau kurang tepat dalam penempatan kalimatnya. Jika temanmu baik dan peduli, dia pasti akan mengajarimu dengan senang hati.

Pakai Aplikasi

Kamu ada kendala tidak ada partner untuk mengevaluasi karya tulisanmu? Kenapa tidak pakai aplikasi saja? Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk belajar grammar bahasa Inggris. Banyak sekali aplikasi yang tersedia dan bisa dengan mudah kamu pasang baik di HP maupun komputer. Kamu bisa mengecek dan memahami apakah kalimat yang kamu susun sudah benar. Aplikasi sudah banyak dan sangat mudah ditemui sekarang, hanya tinggal klik download maka aplikasi siap digunakan.

Praktik, praktik, praktik

Kenpa sih praktik dimasukan dalam tahap akhir?

Ya karena memang pada dasarnya semua tergantung kamu mau praktik atau tidak, syukur – syukur kamu dapat mempraktikkannya tiap hari. Untuk masalah salah itu sudah biasa dalam belajar hal yang belum banyak kamu tahu jadi usahakan kamu belajar dari kesalahan yang kamu buat. Dengan melakukan kesalahan kamu akan menjadi ingat hal yang kamu pelajari untuk menjadi lebih baik saat mengulang.

Yang terpenting selalu praktik, jangan bosan – bosan untuk praktik tiap harinya yaaa

Originally posted 2018-10-02 06:09:56.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *