Mengajari Anak Belajar Bahasa Inggris

Mengajari Anak Belajar Bahasa Inggris

Ingin anak Anda bisa berbahasa Inggris ? Mengajari Anak Belajar Bahasa Inggris ?

Tenang, kini Ayah dan Bunda bisa mengajari sendiri anak Anda untuk belajar bahasa Inggris.

Lantas bagaimana tips dan triknya ??

Yukk simak infonya berikut ini :

Belajar dengan video

Selain dengan lagu maka anak-anak juga bisa  belajar bahasa Inggris dengan mudah dari tayangan video. Video untuk belajar bahasa Inggris biasanya dilengkapi dengan teks bacaan sehingga ketika anak sudah bisa membaca maka proses belajar menjadi lebih mudah. Dalam video biasanya juga ada instruktur yang mengajari tata bahasa sehingga anak lebih paham. Anda bisa memutar video saat anak sedang santai dan mereka melihat video seperti menonton film kesukaan. Kemudian dalam video biasanya juga dilengkapi dengan pengulangan kata. Saat itu maka anak-anak juga akan belajar cara pengucapan setiap kata dalam bahasa Inggris.

Belajar dari yang paling mudah

Mengenalkan pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak harus dimulai dari yang paling mudah. Cara ini akan membantu anak bisa belajar dengan cepat. Anda bisa mencoba beberapa topik untuk menjadi pelajaran pertama seperti warna, angka, kata sifat, mainan, jenis pakaian, nama anggota tubuh, nama hewan, nama pekerjaan,nama makanan dan beberapa kata benda lain. Hal pertama yang perlu ditekankan adalah bagaimana cara anak bisa melafalkan dengan benar, mengucapkan dengan benar, mengetahui artinya dan bisa membaca dengan benar. Lakukan secara berulang – ulang sehingga anak bisa mengingat pelajaran dengan benar.

Bermain sambil belajar

Tehnik untuk mengajari anak bisa berbahasa Inggris dengan cepat juga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah selalu belajar sambil bermain. Permainan bisa dirancang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris anak. Misalnya anak baru bisa mengerti tentang warna maka permainan harus dibuat sesuai dengan warna yang menjadi kemampuan anak. Kemudian ketika anak salah maka jangan memberikan hukuman, karena permainan ini bersifat untuk menyenangkan anak saat belajar bahasa Inggris.

Permainan tebak gambar

Permainan yang lain yang bisa dilakukan untuk membuat anak bisa mengerti bahasa Inggris dengan cepat adalah mencoba untuk membuat tebak gambar. Isi beberapa nama gambar tersebut dengan huruf tertentu sebagai petunjuk. Ketika anak mendapatkan giliran untuk menebak nama sebuah gambar maka berikan petunjuk huruf tersebut. Cara ini tidak hanya membuat anak mengerti tentang bahasa Inggris tapi juga bisa menulis dan mengeja kata dalam bahasa Inggris.

Belajar dengan bacaaan sederhana

Anda juga bisa mencoba mengajari anak bahasa Inggris dengan bacaan yang sederhana. Bacaan sederhana bisa berbentuk puisi atau cerita singkat. Cerita yang singkat bisa membantu anak menguasai dengan cepat setiap kosa kata yang diajarkan. Anda bisa membaca pertama kali lalu menjelaskan semua artinya mulai dari setiap kosa kata. Kemudian minta anak untuk membaca ulang dan berikan keterangan jika mereka salah mengucapkan kata atau dalam mengeja setiap huruf. Lakukan cara ini dengan santai sehingga anak – anak tidak akan tertekan.

Memasang semua petunjuk di rumah

Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dipelajari jika dipraktekkan secara langsung. Cara ini bisa dimulai lebih cepat ketika anak masih sangat muda. Anda perlu memberi tulisan di semua benda-benda yang ada di rumah. Misalnya pintu ditempeli dengan kata “door”, jendela dengan “window” dan semua benda lainnya. Ketika Anda ingin meminta tolong anak maka ungkapkan dengan bahasa Inggris. Anak-anak akan merasa penasaran benda yang Anda maksud. Selain itu saat santai maka anak-anak bisa mencoba untuk mempelajari nama benda sambil bermain.

Belajar di luar rumah

Belajar bahasa Inggris tidak harus di dalam rumah. Anda bisa mencobanya di halaman rumah atau di mana saja ketika Anda keluar rumah. Cara ini bisa dilakukan dengan baik namun tidak menyebabkan anak mudah jenuh atau bosan. Misalnya Anda mengajak anak untuk pergi ke pasar atau supermarket. Kemudian sebut nama benda yang ingin Anda beli dengan bahasa Inggris. Anak akan menjadi lebih paham karena mereka tahu nama benda yang benar-benar nyata. Ini juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi memori anak.

Menggunakan tangan atau isyarat secara aktif

Inti dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak adalah bagaimana anak-anak bisa memahami bahasa Inggris tanpa harus merasa terpaksa. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan tangan untuk menyebutkan sebuah nama benda. Kemudian ulangi dengan kata yang diucapkan dari mulut. Lalu minta anak untuk menyebutkan nama benda yang dimaksud. Isyarat tangan memang bukan termasuk cara yang harus dilakukan namun cara ini bisa membantu anak mengenal bahasa karena sistem memori yang identik dengan isyarat.

Tidak memberi tekanan saat proses belajar

Kemudian bagian yang penting saat melakukan cara mengajari anak bahasa Inggris adalah tidak memberikan tekanan yang berat pada anak. Beberapa anak terkadang memiliki pemikiran khusus bahwa bahasa Inggris adalah hal yang menakutkan, sama seperti ketika mereka takut dengan matematika atau pelajaran lain. Jadi Anda harus menerapkan bahwa cara untuk belajar bahasa Inggris memang sangat menyenangkan. Tidak ada hal yang menakutkan dari pelajaran bahasa Inggris dan memang mudah.

 

 

Originally posted 2018-10-06 06:28:59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *