Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

Bagaimana Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak ? Bagi para orang tua, siapa sih yang nggak pengen anaknya jago bahasa Inggris?

Pasti semuanya pengen kan?

Tapi bagaimana cara memperkenalkan bahasa Inggris pada mereka/

Kan anak kecil susah diatur, susah untuk belajar.

Nah disini saya ingin membagikan cara bagaimana memperkenalkan bahasa Inggris pada anak:

Suasana Belajar

Memastikan suasana ruangan tempat anak melaksanakan pembelajaran adalah tempat yang nyaman. Biarkan mereka belajar sambil bermain, karena memang yang dinamakan anak kecil itu selalu bermain, bermain dan bermain. Serta juga harus diperhatikan bahwa materi yang diberikan tidak monoton karena anak kecil tidak suka sesuatu yag terlalu serius pasti ingin selalu bercanda, sehingga anak tidak dengan mudah merasa bosan. Walaupun belajar sambil bermain pastikan dalam bermainnya itu harus ada target.

Internet

Menggunakan fasilitas Internet sebagai media pembelajaran yang menarik, seperti pengadaan game-game edukasi, aplikasi pendukung pembelajaran, dll. Namun perlu di awasi ketika anak sedang main internet, jangan terlalu lama anak bermain internet, jangan sampai anak kalian kecanduan bermain internet.

Belajar menggunakan internet memang saah satu media yang efektif, semua apa yang diinginkan ada di dalamnya. Dan semua apa yang dicari akan muncul. Namun jangan terlalu sering dan lama ya kalau menggunakan internet di depan anak kecil.

Musik

Musik-musik berbahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang sesuai dengan psikologi anak. Sebagai tahap awal, anak dapat diberikan musik anak-anak seperti twinkle little star, dan lain sebagainya. Yang dengannya anak secara otomatis akan mengikuti serta menghafal lagu tersebut. Hal ini sangat efektif dalam membangun kesesuaian pronounciation bahasa dalam diri anak. Musik juga salah satu media belajar yang cukup efektif karena dalam anak kecil itu pasti selalu ingat apa yang sedadng dikerjakan, sedang di ucapkan. Nah apabila setiap hari anak kecil itu diajarkan lagu maka secara otomatis anak kecil tersebut akan hafal dengan sendirinya. Meskipun lagu bahasa Inggris cukup sulit di ucapkan, namun setidaknya anak kecil bisa mengikutinya. Lama kelamaan pasti akan tahu selama ada pendampingan.

Film

Orang tua juga dapat menjadikan film-film animasi sebagai sarana untuk memikat minat anak dalam mempelajari bahasa Inggris. Warna yang complex serta pronounciation yang sesuai dapat mengasah kemampuan anak dalam menguasai kosa kata serta kaidah dalam bahasa Inggris. Dapat dimulai dengan film animasi standar yang sesuai seperti Dora the Explorer, dll. Apalagi film favoritnya, bisa – bisa dialog yang diperankan bisa dihafal sampai selesai.

Grammar Melalui Lagu

Grammar merupakan sesuatu yang rumit bagi anak, sehingga banyak orang tua yang mengeluh saat mengajari anaknya perihal grammar. Namun alangkah mudahnya bagi orang tua jika ingin mengajari anak mengenai grammar dengan memperkenalkan lagu-lagu anak yang mengandung unsur grammatikal yang kuat. Seperti dalam lagu berikut ini

“One and one I love my mother

Two and two I love my father

Three and three I love brother sister

One and two and three I love them together”

Lagu diatas mengandung unsur grammar simple present tense sebab mengandung unsur ‘general truth’. Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama atau yang disebut dengan Verb1. Seraya menyanyikan lagu ini, para orang tua dapat melakukan penekanan lagu disisi kata kerjanya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan perihal present tense tersebut sambil bernyanyi, sehingga anak tidak mudah bosan.

Mungkin memang agak sulit mengajarkan kepada anak bahasa Inggris yang merupakan bahasa kedua bagi mereka selain bahasa Ibu (red. Indonesia), hal itu juga sangat dipengaruhi oleh tempat dan lingkungan yang ia tinggali tidak menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya. Berbeda dengan anak-anak yang tinggal di kawasan berbahasa Inggris seperti anak Indonesia yang menetap sementara di Amerika atau Australia. Mereka tinggal di lingkungan yang memang menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi (English Speaking Environment).

Originally posted 2018-10-05 06:26:38.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *