Manfaat Belajar Bahasa Inggris Dengan Lagu

Ini Dia Manfaat Belajar Bahasa Inggris Dengan Lagu

Belajar Bahasa Inggris Dengan Lagu – Siapapun dia pasti suka lagu. Entah itu lagu yang bergenre pop, hip hop, reggae, akustik, dangdut dan genre lainnya. dari berbagai macam usia dan jenis kelamin.

Setiap harinya seseorang pasti mendengar sebuah lagu. Mulai dari lagu yang ada dijalanan, di mall waktu belanja maupun dirumah.

Apakah kalian tidak ingin memanfaatkan lagu sebagai media untuk belajar bahasa inggris?

Loh, emang bisa ya?

Oh jelas bisa…

Kali ini saya akan membahas manfaat belajar Bahasa Inggris dengan lagu. Lagi bosan dengan buku-buku belajar Bahasa Inggris yang terlalu serius? atau lagi pengen tidur-tiduran di kasur alias mager? Don’t worry karena kalian masih bisa belajar Bahasa Inggris walau kelihatan kayak ngga belajar. Dan terdapat banyak Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Well..why music? seberapa lama kalian mendengar musik dibanding belajar Bahasa Inggris lewat buku? pasti jauh lebih banyak denger lagu. Paling baca buku 20 menit aja udah bosan. Iya kan? tapi dengar musik bisa sejam lebih. Kalau kalian sadar manfaatnya, bayangin aja udah berapa banyak manfaat yang bisa diambil dari sejam lebih itu guys.

Memangnya ngaruh ya pake lagu?

Seberapa ngaruhnya sih?

Manusia itu sangat familiar dengan musik, kadang kita lagi bengong dan bergumam aja pake nada atau ngegumamin lagu, atau biasanya lagu suka ngingetin kita sama seseorang.

Ya sangkin dekatnya kita sama lagu kita bisa hafal beberapa kejadian lewat lagu yang kita identikan dengan momen itu, kok bisa? ya lagu itu cocok karena liriknya cocok buat momen itu, otomatis kalian pasti hafal liriknya. Lalu setelah hafal liriknya mau gimana lagi? praktekin aja di chat atau obrolan sehari-hari.

Menurut berbagai sumber ada lagi nih manfaat-manfaat lain yang harus teman-teman sadari,

Sekalian Belajar Pronounciation

Hampir tiap hari dan tiap saat kita bisa denger musik, pas lagi mandi, makan, santai, lagi jalan ke sekolah atau ke tempat kerja dan kalian ngga akan bosan bahkan sampai nyanyiin lagunya. Secara ngga langsung kalian udah belajar gimana melafalkan (pronounciation), ritme (rhythm) dan nada (tone) kata-kata dalam Bahasa Inggris. Belajar prononciation itu memang karena sebuah kebiasaan berbicara. Dengan lagu, pasti kalian menyanyikannya dengan gaya  bicara sesuai dengan apa yang penyanyi nyanyikan. Nah oleh karena itu, mempelajari lagu bahasa inggris mampu membuat pronounciation kalian lebih luwes dan enak di dengar. Dengan setiap hari kalian menyanyikan lagu berbahasa Inggris maka akan semakin lancar pronounciationnya. Apalagi kalau kalian fokus dengan satu lagu dan terus diputar berulang kali, maka semakain bagus tingkat tongue twister kalian. Karena pada dasaranya belajar tongue twister itu harus berulang-ulang.

Belajar Budaya Bahasa Kekinian

Kadang kita yang udah bisa mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari suka mikir “terlalu formal ngga ya bahasanya?” misal, kalau punya temen bule Inggris atau Amerika yang udah deket lalu kita sapa dengan how are you? dia bakal mikir “kaku amat dah”.

Nah belajar lewat lagu akan mengenalkan kita pada vocabulary dan phrases yang up-to-date kayak

You all – y’all

Go away – buzz off

Want to – wanna/ going to-gonna

How are you – whasup?

Hi friend – yo pal?!/ hey dude!/ yo bro!

Sering kan kalian denger di beberapa lagu favorit kalian yang gaya bahasanya agak asing ditelinga kalian?

Yaps, itu bahasa kekinian yang dipakai dalam lirik lagu. Kalau kalian ingin tau, nama gaya bahasa itu dinamakan bahasa slang. Kalau bahasa Indonesianya bahasa gaul anak sekarang. Bahasa slang akhir – akhir ini sering digunakan. Nah oleh karena itu, manfaat mempelajari bahasa Inggris dengan lagu yang ada kata slang-nya akan membuat kalian belajar bahasa kekiniannya mereka.

Menjadikan Sebuah Kebiasaan

Apalagi manfaat belajar Bahasa Inggris dengan lagu? Banyak kata-kata atau frasa diucapkan berulang-ulang dalam sebuah lagu, ini memudahkan kita mengingat untuk menghafal kata-kata atau frasa itu. Seperti yang ditulis diatas, kadang pas lagi bengong atau bergumam, lagu muncul tiba-tiba dan kita nyanyikan. Biarpun bergumam uhmmm ahmmm uhmmm sebenarnya otak kita lagi nyanyi (menyanyikan lirik) karena kita hafal liriknya. Nah dari lirik yang dihafal itu kita bisa pelajarin kata-kata, ekspresi atau frasa baru. Segaala sesuatu yang selalu diulang-ulang lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan. Ciptakan sebuah kebiasaan yang baik.

Mewakilkan Emotional

Kadang kita pengen jingkrak-jingkrak, joget atau banging head (angguk-angguk ala anak metal). Secara ngga langsung lagu yang kita dengan mempengaruhi emosi dan jiwa kita bahkan sampai ingin bergerak. Terkadang juga pas lagi dengerin lagu timbul rasa sedih, galau, senang, ceria. Kita akan lebih mudah mengingat sesuatu jika melibatkan perasaan kita. Sebuah genre lagu sangat berpengaruh pada emosional jiwa seseorang.

Originally posted 2018-09-23 05:57:20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *