Dasar Belajar Bahasa Inggris

Apa saja Dasar Belajar Bahasa Inggris?

Dasar Belajar Bahasa Inggris – Untuk memulai segala sesuatu pasti bermula dari dasar, dasar apa saja yang harus kita siapkan untuk kedepannya?

Simak penjelasana dasar belajar bahasa Inggris

Awali dengan Hal yang Mendasar

Dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan, ilmu apapun itu sangat penting bagi kita untuk memulainya dari yang paling dasar. Hal yang mendasar dalam tata bahasa Inggris adalah penguasaan tenses seperti yang kita paparkan di atas, selain itu ada juga verb, adverb, adjective, noun & pronoun, clause, dan hal-hal yang mendasar lainnya. Dengan memahami hal yang mendasar seperti itu maka akan terbangunlah pondasi yang kuat sehingga dalam memahami pembahasan selanjutnya akan lebih mudah.

Mengubah Kebiasaan

Mulailah langkah awal sobat dalam belajar bahasa Inggris dengan cara mengubah kebiasaan atau hobi sobat sekalian, seperti mulai mendengarkan musik yang berbahasa Inggris dengan menterjemahkan lirik serta menentukan posisi grammar yang sesuai denga lirik tersebut. Dengan begitu lama kelamaan kita akan terbiasa dengan bahasa Inggris, serta dapat dengan tanggap mencerna hal-hal yang berbau bahasa Inggris. Setelah melakukan latihan dengan musik maka selanjutnya kita dapat melanjutkan pada yang lebih kompleks seperti menonton film dengan subtitle English, mendengar pidato ataupun ceramah yang menggunakan bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Latihan secara Rutin

Seperti ungkapan pepatah “Ala bisa karna biasa”. Ungkapan tersebut telah menjadi prinsip hidup bagi para perantau ilmu pengetahuan. Dengan melakukan praktek secara langsung seperti mulai berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi memang banyak orang yang kesulitan untuk menemukan lawan bicara, namun itu bukanlah hambatan teman-teman sekalian, kita dapat melakukannya sendiri kok, seperti saat melakukan kegiatan sehari-harinya mulai dari bangun pagi, makan, minum, hingga tidur harus kita pergunakan bahasa Inggris.

Perbanyak Menghafal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sahabat sekalian sangat dianjurkan untuk menghafal vocabulary. Namun jangan sampai membebani pikiran sahabat sekalian, lakukanlah dengan santai seperti menghafal vocab yang ada di dalam lagu yang sahabat sukai, atau vocab dasar yang berada di sekitar kita. Pastikan sahabat sekalian menghafalnya dalam keadaan rileks, selain agar cepat hafal, namun juga sangat baik untuk menjaga hafalan agar tidak mudah lupa.

Belajar Kelompok

Bagi beberapa orang mungkin akan sulit untuk mempelajari bahasa Inggris sendirian. Oleh karena itu, sahabat  sekalian dapat melakukan belajar kelompok bersama teman atau belajar di tempat kursus tertentu. Hal itu bertujuan agar saat sahabat belajar tidak mengalami kendala karna tidak memahami sesuatu yang kemudiannya dikhawatirkan dapat menyebabkan kejenuhan serta kebosanan dalam belajar.

Berani

Karakter seseorang juga mempengaruhi cepat atau tidak nya dia dalam memahami bahasa Inggris. Orang yang selalu merasa minder, malu-malu, dan segan umumnya akan lambat dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebab yang dituntut dalam berbahasa adalah komunikasi, semakin banyak dan baik dalam berkomunikasi, maka akan semakin baik pula bahasa Inggrisnya. Jangan pernah malu untuk bertanya, dan jangan pernah malu untuk memulai.

Hindari Hal yang Kompleks

Untuk pemula, penting bagi sahabat untuk menghindari dulu hal yang kompleks atau rumit seperti bahasa slank (pasaran), atau kata yang telah mengalami penyingkatan. Sebab kata tersebut akan sedikit rumit bagi pemula, yang dikhawatirkan dapat menimbulkan rasa bosan dan jenuh.

Berpikirlah Positif

Dalam mempelajari suatu bidang ilmu pengetahuan, sangatlah penting bagi kita untuk mengingat bahwa segala kesulitan dan cobaan merupakan jalan yang pasti akan dihadapi oleh siapapun juga. Oleh sebab itu hendaklah kita untuk selalu berpikiran positif dan bersabar, bak kata pepatah “dimana ada kemauan, disitu ada jalan”. Jangan pernah sahabat sekalian merasa untuk pasrah dan menyerah, sekali saja sahabat merasa seperti itu maka akan sulit bagi sahabat untuk kembali ke titik start lagi. Jika hal itu terjadi, maka segala pengorbanan, baik waktu, tenaga, dan uang akan menjadi sia-sia belaka. Jika sahabat sekalian mengalami kendala dalam belajar, maka segera bertanyalah pada teman atau orang yang berkemampuan dalam bidang tersebut.

Kuatkan Motivasi Belajar

Jika kita membandingkan bahasa Inggris dengan bahasa lainnya, maka dapat kita simpulkan bahwa bahasa Inggris memang lebih mudah dari bahasa yang lainnya. Sebab bahasa Inggris telah meranah dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam penggunaan gadget, komputer, dll. Bahasa Inggris memiliki konjugasi kata yang sedikit dibanding bahasa Prancis dan Jerman, serta memiliki pola huruf abjad yang sama dengan bahasa indonesia jika dibandingkan dengan bahasa Korea, Jepang, ataupun Mandarin, dan juga pola kalimat yang lebih mudah dibanding bahasa Arab.

Jangan Mengeluh

Cara mudah belajar Bahasa Inggris bagi pemula adalah dengan banyak membaca dan tidak mengeluh. Banyak hal yang menyebabkan orang merasa bahwa bahasa Inggris itu sulit. Diantaranya adalah masalah pronounciation yang sulit, bagi sebahagian orang menganggap pronounce itu sulit mengatakan “kenapa bahasa Inggris memiliki pola tulisan yang sama dengan indonesia namun berbeda cara membacanya?”. Memang tulisan alphabet indonesia dan Inggris sama namun pelafalan ejaan tersebut berbeda, oleh sebab itu setiap perkataannya memiliki lafal yang berbeda. Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa orang Inggris yang belajar bahasa Indonesia pun akan mengatakan hal yang demikian. Hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi pemula.

Originally posted 2018-09-24 08:03:39.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *