Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik

Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik

Musik selalu menjadi topik yang menyenangkan, selain dapat meningkatkan mood, musik juga bisa mewakilkan apa yang sedang kita rasakan. Nah, bagaimana kalau kita belajar bahasa inggris dengan musik? Pastinya fun dan asik kan? Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik.

Percaya atau tidak, English music bisa membantu kita agar fasih berbicara  bahasa inggris lho. English musictidak hanya asik didengarkan tapi juga bisa membantu kamu untuk memahami gaya bicara para native speaker berdasarkan pada kalimat pada lagu yang mereka nyanyikan. Walaupun kamu mungkin kurang mengerti dengan apa yang mereka ucapkan, tapi jika kamu sering mendengarkan lagu bahasa inggris, kamu bisa mulai memperhatikan liriknya dan pakailah itu sebagai  bahan pembelajaranmu. Berikut adalah cara belajar bahasa inggris melalui musik:

Dengarkan dan Perhatikan Lirik

Ketika kamu memperhatikan lirik saat mendengarkan lagu, secara tidak sengaja kemampuan mendengarmu meningkat dengan alami. Selain itu mendengarkan musik sambil memperhatikan lirik juga membuat kamu menemukan kata-kata baru dan tau cara pengucapannya.

Nyanyikan

Nyanyikan lagu-lagu bahasa inggris yang sedang kamu dengarkan, selain menyenangkan, kamu tidak akan merasa seperti sedang belajar. Ketika kamu sering menyanyikannya, maka kamu akan hafal dengan lirik dari lagu tersebut. Menyanyi tanpa membaca lirik? Keren bukan? Dan tentu saja, kamu sudah melatih pronunciationmu secara alami.

Pahami lirik

Terkadang kita menyanyikan lagu tanpa memahami lirik dari lagu tersebut. Sekarang saatnya kamu memahami lirik dari lagu yang kamu nyanyikan, tidak hanya sekedar menyanyikannya. Saat kamu memahami lirik, tentu saja kamu tau penempatan kalimat, ini juga melatihmu tentang collocation (penggabungan kata-kata), dan yang paling penting kamu harus memahami apa pesan yang ingin disampaikan oleh lagu tersebut. Gak mau kan kalau sampai salah mengekspresikan lagu yang kamu nyanyikan gara-gara gak paham liriknya?

Tandai lirik

Saat kamu mendengarkan musik, pastinya ada beberapa kata yang kamu tidak paham artinya, maka tandai. Tulis kata-kata yang kurang kamu pahami tersebut dan cari artinya di kamus, tulis ulang kata-kata tersebut sehingga secara tidak sengaja akan melekat di kepalamu.

Tuliskan lirik

Tantang dirimu dengan menulis kembali apa yang dinyanyikan dalam lagu sekalipun kamu kurang yakin dengan penulisannya. Tulis apapun yang kamu dengar, jangan khawatir akan kesalahan penulisan. Setelah kamu selesai menuliskan apa yang kamu dengar, sekarang baca lirik lagu tersebut, cocokkan. Nah lihat bagian mana yang salah penulisannya, lalu perbaiki. Dengan begitu, kamu jadi tau dimana kesalahanmu, dan jangan lupa perbaiki yaaa.

Masih ada banyak lagi cara belajar bahasa inggris melalui musik, dan banyak sekali loh manfaatnya. Dengan musik, kamu jadi memahami banyak vocabulary dan intonasi dalam pengucapan kalimat. Musik is very enjoyable!

 

Originally posted 2018-09-23 07:25:50.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *