Belajar Bahasa Inggris Dengan Duolingo

Belajar Bahasa Inggris Dengan Duolingo

Duolingo ?? Sudah tidak asing lagi bukan ?? Belajar Bahasa Inggris Dengan Duolingo ?

Ya, aplikasi belajar bahasa ini mulai berkembang di media sosial

Seperti apasih penggunaan Duolingo ?? Yukk simak pembahasannya dari salah satu review dari laman id.techinasia.com :

“Hari gini masih gak bisa bahasa Inggris??” Kata-kata ini sering diucapkan oleh adik saya kepada temannya yang belum lancar berbahasa Inggris. Percayalah, kata-kata tersebut memang patut diperhatikan. Pasalnya, di zaman modern seperti saat ini komunikasi sangatlah penting. Tak hanya dengan sesama pengguna bahasa Indonesia. Kini kita seringkali berbincang-bincang dengan rekan-rekan yang berasal dari negara asing. Bahasa Inggris sebagai salah satu dari enam bahasa resmi di PBB – selain Arab, China, Perancis, Rusia, dan Spanyol – adalah yang paling sering digunakan.

Sejak masih di bangku sekolah, kita tentu sudah belajar menggunakan bahasa ini. Seharusnya kita sudah bisa menggunakan bahasa Inggris secara lancar baik lisan maupun tulisan. Namun, karena kurang dilatih banyak yang perlahan-lahan luntur kemampuan bahasa Inggrisnya. Untuk melatihnya kembali, coba Duolingo. Aplikasi yang sempat meraih penghargaan Google Play’s Best of The Best 2013 dari Google ini menggunakan teknik gamification. Teknik ini digunakan karena lebih ampuh membuat sebuah pelajaran masuk ke dalam kepala.

Berbagai bahasa telah disiapkan di Duolingo, termasuk bahasa Indonesia. Spanyol, Perancis, Italia, Jerman, Portugis, dan Belanda, adalah beberapa bahasa yang tersedia untuk dipelajari di aplikasi ini. Untuk Anda yang mahir berbahasa Inggris, Anda dapat mempelajari semua bahasa yang disebut di awal. Namun, jika Anda sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia dan Vietnam, misalnya, Anda hanya dapat belajar bahasa Inggris.

Awal membuka Duolingo, Anda akan diberikan dua buah pilihan, yakni “New User” dan “Existing User”. Katakanlah Anda adalah pengguna baru, tap opsi “New User” dan mulailah mendaftarkan diri. Untuk pengguna Android, selain sign-up dengan email, Anda juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook. Di iOS, Anda dapat menggunakan akun Twitter atau Facebook.

Setelah masuk, Anda akan diarahkan untuk memilih bahasa apa yang ingin dipelajari. Misalkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Kemudian Anda akan diajak untuk mengasah kemampuan bahasa dengan berbagai tes yang ada di Duolingo. Ada tes Dasar 1, Dasar 2, Frasa, Makanan, Hewan, Jamak, Pakaian, Warna, Pertanyaan, Kata Hubung, dan sebagainya. Dalam tiap bahasa yang dipelajari, sistem belajarnya dibagi menjadi delapan kategori. Masing-masing kategori terdiri dari 15 pelajaran yang berbeda. Di awal pelajaran Anda akan mempelajari kata-kata yang mudah diingat seperti “Wanita, Pria, dan Anak-anak”. Dan jika Anda telah lulus dalam beberapa pelajaran maka Anda akan mendapatkan reward dan juga naik ke level selanjutnya.

Menggeser layar ke sebelah kiri, Anda akan melihat opsi “Friends”. Di sini, Anda dapat mem-“follow” orang lain untuk saling membandingkan nilai. Jika Anda menggeser lagi ke sebelah kiri, Anda akan masuk ke dalam toko Duolingo. Di sini, Anda dapat membeli berbagai item dengan bantuan Lingot. Item yang tersedia ada tiga, yakni “Heart Refill” yang berguna untuk menambah satu nyawa secara otomatis saat salah menjawab serta “Formal Attire dan Champagne Tracksuite” yang merupakan outfit> untuk dikenakan pada avatar. Lingot sendiri merupakan mata uang yang berlaku di Duolingo. Cara mendapatkannya pun mudah, mainkan berbagai tes yang disediakan dan Anda bisa meraih Lingot sebanyak-banyaknya.

Dalam tes-tes di Duolingo, Anda harus berusaha menjawab tiap tantangan yang dihadirkan. Namun, Anda harus memperhatikan nyawa yang dimiliki. Ada empat buah nyawa yang harus dipertahankan. Jika tidak, Anda harus mengulang tes tersebut dari awal.

Belajar sambil bermain

Teknik gamification yang digunakan Duolingo membuatnya mudah dan menyenangkan untuk digunakan. Meskipun Duolingo dbuat untuk belajar bahasa asing, Anda tak harus serius untuk melakukannya. Layaknya bermain game, Anda juga dapat menggunakannya secara santai tanpa tekanan.

Seperti anak-anak generasi 90-an yang bisa berbahasa asing karena game di konsol miliknya, Duolingo menggunakan konsep tersebut karena terbukti lebih ampuh untuk masuk ke dalam kepala.

Duolingo dapat di-download secara gratis di Android dan iOS.

 

Originally posted 2018-09-21 11:19:26.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *