Bahasa Inggris di Mata Dunia

Bahasa Inggris di Mata Dunia

Bahasa Inggris di Mata Dunia – Pasti ada orang yang mengira kalau bahasa Inggris hanya sebagai formalitas bahasa universal, padahal ada beberapa pandangan bahasa Inggris di mata dunia. Berikut pandangannya:

Bahasa Ekonomi

Saat ini, kita tahu bahwa pemimpin dalam pengembangan inovasi teknis dan juga pembangunan ekonomi di dunia saat ini dipegang oleh dua negara, yaitu China dan Amerika. Dua negara tersebut tentu saja menjadi elemen utama untuk menstabilkan perekonomian dunia. Maka, disinilah alasan pentingnya belajar bahasa Inggris selanjutnya.

Dengan mempelajari bahasa Inggris, tentu saja kita bisa mengikuti dan memahami pelonjakan ekonomi serta pengembangan inovasi teknis yang ada di dua negara tersebut. Pasalnya, dua negara tersebut memang menggunakan bahasa Inggris ini di masing-masing bidang yang memang menjadi pemegang utuh dalam perkembangan dunia.

Bahasa ilmiah

Alasan penting kenapa kita harus belajar bahasa Inggris adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa ilmiah yang notabenenya menjadi bahasa pergaulan akademik terbesar di dunia. Sebagai bahasa ilmiah, tentu bahasa Inggris ini sangat sering digunakan oleh para ilmuwan-ilmuwan ternama dalam menuliskan beberapa artikel maupun buku dari hasil penelitian-penelitian yang sudah mereka uji.

Meskipun ilmuwan itu berasal dari Indonesia, bahasa Inggris tetaplah menjadi bahasa utama yang dipakai untuk menulis artikel-artikel tersebut agar supaya artikel tersebut dapat mendunia dan dipahami oleh ilmuwan lain ataupun pencari referensi lainnya di seluruh dunia.

Rasional

Mungkin diantara dari kalian menganggap bahwa hal ini aneh. Hal ini dikarenakan untuk mereka yang memiliki keahlian dalam dua bahasa tentu akan membuat otaknya dapat memproses apa-apa saja masalah yang mendera, kemudian mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa menggunakan emosi semata.

Mereka yang menguasai dua bahasa secara langsung akan membuat logika mereka terasah dan bisa mengambil keputusan yang nantinya tidak berdampak negatif di masa yang akan datang.

Pendidikan Akademis

Mengenai pendidikan akademis. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, untuk seseorang yang menginginkan untuk lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1 ataupun S3 di perguruan tinggi terkemuka, ada syarat yang mematok agar kita bisa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Syarat ini biasanya dilihat pada nilai TOEFL diatas 500.

Maka, mengacu pada syarat tersebut, ada baiknya bahasa Inggris memang dipelajari agar kelak bagi mreka yang memiliki cita-cita untuk menjadi doktor atau professor bisa tercapai dengan lancar seiring berjalannya waktu.

Mudah di terima di mata dunia

Kita sering melihat ada banyak orang yang ketika harus bergaul dengan sesamanya, mereka kadang harus memandang bagaimana etnis, warna dan latar belakang orang yang sedang diajak bergaul. Namun, inilah alasan penting dari belajar bahasa Inggris. Jika kita menguasai bahasa Inggris, ketika kita berkunjung ke negara-negara besar seperti Amerika atau Inggris dan berkomunikasi langsung dengan menggunakan bahasa Inggris, maka orang-orang disana akan dengan senang hati menanggapi kita tanpa harus memandang bagaimana etnis, warna dan latar belakang kita.

Seolah, bahasa Inggris yang kita gunakan itu menyatukan antar umat manusia di penjuru dunia ini untuk bergaul satu sama lainnya.

Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Sebagai manusia, seharusnya kita bisa beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan yang akan ditempati nantinya. Seseorang yang pandai berbahasa inggris tentu akan dapat dengan cepat mengetahui dan memahami tentang penggunaan bahasa di lingkungan baru tersebut, karena memang sudah jelas bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa universal.

Maka, untuk mereka yang berpergian ke suatu tempat dan bertemu dengan lingkungan baru ada baiknya bisa berbahasa Inggris agar dapat dengan mudah menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar.

Mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang lain

Kita hidup di bumi yang notabenenya dihuni oleh berbagai macam orang dan tentunya dari berbagai macam negara. Sebagaimana kodrat manusia sebagai makhluk sosial, tentu kita harus berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya.

Maka, tentu saja, salah satu dari 18 manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini adalah membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kita semua tau, bahasa Inggris adalah bahasa yang universal. Maka, tentu saja bahasa Inggris termasuk bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di bumi ini.

Dalam hidup, kita tidak mungkin nantinya hanya akan bertemu dengan orang-orang yang satu negara dengan kita. Pada masanya, kita akan bertemu dengan orang-orang asing. Kelak, jika kita menguasai bahasa Inggris, pasti sangat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang asing tersebut.

Originally posted 2018-09-22 07:50:09.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *